Tuesday, December 6, 2011

Sedikit Renungan, (bagi yang punya KTM)

Tahun pertama memasuki dunia pendidikan di perguruan tinggi, pastilah kita kan menemukan apa yang disebut dengan OSPEK Kampus, serangkaian ritual membudaya dari baheula hingga kini. Itulah yang kurasakan setaun lalu, saat kusertai rangkaian acara OSPEK yang dipunggawai senior-senior atas nama BEM ITS Surabaya..
Disinilah ku seakan baru pertama kalinya mendengar PFM (Peran Fungsi Mahasiswa), sungguh mulia ternyata menjadi mahasiswa ketimbang yang duduk santai di istana sana.. Dengan berapi-api pada saat itu, si pemateri mengatakan, "Kalian tau PFM?? PFM itu meliputi, Agen Of Change, Iron Stoke, Moral Forces, Sosio Controls, dan bla bla bla bla....
Sedikit mlongo, kucermati peran mahasiswa buat negri ini, kok keren gini ya jadi mahasiswa? pikirku dalam otak, seraya asik terpaku menatap wajah pemateri yang berapi-api.. Dalam hati, kuberbisik "Pasti ku akan jalankan PFM itu dengan baik, karena ku mahasiswa"..

(Kini, kutapaki semester 3), Malam ini kembali kuteringat OSPEK taun lalu, saat kulantunkan dengan janji diri untuk menjadi mahasiswa sesungguhnya.. Tapi, setaun ini yang kulakukan untuk merealisasikan PFM ku baru sejari kelingking. Meski sering turun ke jalan bersama teman-teman satu pemikiran untuk mencoba menggelitik nikmatnya posisi duduk si pejabat di istana, seraya menulis ungkapan hati atas ketidaknyamanan kami sebagai rakyat kecil, sepertinya kok cuma itu yang bisa kulakukan??? seribu pertanyaan menerpaku, apa aku layak untuk disebut mahasiswa?? kaum terpilih dari jutaan penduduk yang hanya ingin mengenyam kursi perguruan tinggi?? sedang kuterlalu nyaman dengan Kalkulusku, Matematika Rekayasaku, Rencana Garisku, dan seabrek mata kuliah ku yang membuatku melupakan PFM buat negeri ini..

Lalu bagaimana dengan kalian teman mahasiswa?? samakah dengan yang kukeluhkan malam ini?? jika sama, tuangkan keinginanmu untuk lebih bersungguh-sungguh dengan janjimu saat kau menjadi Mahasiswa Baru dulu, saat ekspresi wajahmu begitu jujur dan bertatap tajam saat mengikuti si pemateri membawakan PFM.. 


No comments:

Post a Comment