Wednesday, March 7, 2012

Pengumuman

"Dalam anjungan minyak lepas pantai, terdapat Fasilitas produksi. yang mana mempunyai kegunaan dalam memisahkan crude oil (minyak mentah) menjadi gas, oil, and water. kemudian diproses lebih lanjut minyak dan gas itu agar bisa dijual di pasar." jelas Prof. Mukhtasor dalam kuliah Teknologi Reservoir dan Pemrosesan Hidrokarbon minggu ini. Ekspresi serius tersaji di setiap wajah mahasiswa yang dengan anteng mengikuti perkuliahan. Tak sadar 2.5 jam kuliah telah berlalu, dengan bijaknya Bapak dosen menutup kuliah ini dengan tugas presentasi memuat tema 'Informasi tentang Hidrokarbon yang diproduksi dalam Anjungan' baik dari segi Fasilitas produksi, Fungsi pendukung, System Continue, Tipe-tipe fasilitas maupun aspek Bask System Configuration. Terlihat wajah tidak ikhlas dibarengi gusaran-gusaran halus yang terlepas tak disengaja menyimak tugas yang diberikan.

Dengan agak kasar setiap mahasiswa berebut sebagai yang pertama untuk keluar dari ruang perkuliahan. Tepat kulongokkan kepalaku di luar ruangan, teman-teman seangkatanku berlarian menuju mading jurusan. Luapan perasaan hati yang terdengar di telingaku seakan sebagai pertanda ada tempelan menarik di mading. Semakin menambah penasaran, pikirku.. "Eh Zen, kita satu dosen pembingbing TR2" sapa teman, "oh ia ta? sopo dosen e?" jawabku, "Pak Eko, Zen" jawab ia, "Sumpah??" timpalku seraya ikut berlarian menuju gerombolan desak-desakan untuk melihat pengumuman tentang dosen yang membingbing TR2 (Hidrostatik dan Bonjean). Memang dalam jurusan ku ada beberapa tahapan Tugas Rancang yang harus dihadapi oleh mahasiswa. Terhitung ada TR1 (Lines Plan), TR2 (Hidrostatik dan Bonjean), TRB1 (Perancangan Struktur Pantai), TRB2 (Perancangan Struktur Lepas Pantai Statis), dan TRB3 (Perancangan Struktur Lepas Pantai Dinamis). Mata kuliah yang hanya berbobot 2 SKS, namun dalam aplikasinya seperti 8 SKS. Dan itu berlangsung dari semester 3 sampai semester 7, mata kuliah yang membuat tubuh mahasiswa jauh dari tempat tidur dan lupa akan kebersihan diri.

Semacam parade wajah, tumpahan perasaan hati terlihat jelas di mimik mahasiswa. Senang dan sedih, dua perasaan wajar saat melihat kenyataan di kehidupan, meski hanya sebatas pembagian DomBing yang selama 6 bulan kedepan akan membina TR2 mahasiswa. Masih terlihat sikap pilah-pilih dari mahasiswa perihal mencari ilmu sekalipun, terbukti dari pandangan skeptis kala ia mendapat DomBing yang terkenal susah dan lama dalam mengoreksi kerjaan mahasiswa, terkait dengan TR di jurusan Teknik Kelautan ITS Surabaya.

Sudah menjadi cerita lama, setiap mahasiswa di sini pasti menghindari dari dosen berinisial MMJ dan berharap mendapat dosen lain yang tipikalnya tak peduli dan acuh dengan TR mahasiswa. Realita pendidikan, yang bagus, notabene susah dijauhi. sedang yang buruk, notabene mudah didekati. Tinggal kesadaran dalam diri mau mencari ilmu itu sampai batas apa. Toh, kebaikan yang didapat akan berguna buat dirinya sendiri.

Sedikit saran buat kawan yang kebetulan mendapat DomBing MMJ, bukan menggurui atau bermaksud membuat down mental kalian. Mengingat saya pernah lebih dulu dibimbing oleh beliau di TR1, jadi setidaknya saya lebih punya cerita bersama beliau dibandingkan kalian. Beberapa hal yang perlu kalian cermati adalah kerjakan TR dengan bertahap, serius, teliti, dan perhatikan aspek-aspek kecermatan sekecil apapun. Ingat, Beliau adalah orang paling berpengalaman di jurusan ini dalam hal pembuatan kapal dan bangunan laut dilihat dari aspek Hidrodinamika. Perlu diakui itu berdampak pada jam tidur yang lebih sedikit dibanding mahasiswa dengan DomBing yang lain. Tak perlu takut dan berkecil hati, setelah semuanya selesai. Kalian akan mendapatkan perasaan yang luar biasa dan kebanggaan tersendiri bisa lulus dari binaan Beliau. Kalian pun bisa membandingkan TR kalian dengan mahasiswa yang lain, dengan catatan TR kalian lebih sempurna baik sisi seni, keakuratan, dan keujian di bidang Hidrodinamika. Mungkin itu yang bisa saya share kan berdasarkan pengalaman di TR1. Ucapan semangat buat kalian dari saya, "Selamat kalian telah terpilih dan akan menjadi patokan mahasiswa-mahasiswa lain, khususnya di TR2 (Hidrostatik dan Bonjean)"..

2 comments:

  1. y sudah, toh nanti juga kita sumpek bareng-bareng..

    ReplyDelete